Kamis, 23 Februari 2017

Achievement



Scrolling on old photos is a good way to remind yourself to be thankful.

Melihat kembali foto-foto lama membuatku berpikir bahwa waktu berputar begitu cepat, rasanya baru kemarin mengikuti kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Fakultas Farmasi USU dan sekarang diriku sudah menjadi mahasiswa semester akhir. Bagiku untuk menjadi mahasiswa semester akhir tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dilakukan, termasuk mengejar rencana-rencana yang ditulis di semester awal. Lantas sudahkah rencana tersebut tercapai? Hmm... sejujurnya belum semuaaa, baik dari segi pencapaian akademik maupun pencapaian ruhiyah. Dan inilah saatnya diriku intropeksi atas semua yang sudah dijalani selama 3,5 tahun. 

Fakultas Farmasi merupakan tempat perkuliahan dengan segudang kesibukan (Red: Sibuk ngejurnal), namun walau seperti itu aku tidak ingin alasan “sibuk ngejurnal” menjadikanku tidak dapat mengikuti berbagai kegiatan seperti mahasiswa lainnya. Hal ini membuatku menjadi orang yang sangat “timing”. Tiap detik menjadi sangat berharga untuk dilewatkan sia-sia. Dari mulai mengatur kegiatan kuliah, praktikum, amanah di organisasi, event lomba, kegiatan komunitas sosial, jurnal, serta aktivitas sehari-hari hingga tidur pun harus terjadwal. Dan kali ini saya akan membahas tentang salah satu kegiatan tersebut yaitu berbagai perlombaan yang pernah saya ikuti. 

Memasuki semester 4, saya mulai mengikuti lomba menulis. Saat itu ada perlombaan menulis essay yang hasilnya akan dibukukan di Universitas Sumatera Utara. Yaaap, mungkin menulis memang sudah menjadi passionku sehingga untuk pertama kalinya saya mengikuti perlombaan menulis tersebut, dan ternyata saya mendapatkan juara. Alhamdulillah... I got 2nd winner of essay competition.

Bersama Kak Alvida, dan adik-adik Farmasi USU
 
“Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan, maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain” (Surat Al-Insyiah: 7)

Pencapaian tersebut membuat saya terpacu untuk mengkuti perlombaan yang lainnya. Tidak hanya dalam bentuk essay, saya juga mencoba mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Lomba Patient Counseling Event (PCE), serta lomba Debat Kefarmasian Nasional. Walaupun tidak semuanya berhasil, namun semua event lomba tersebut memberikan banyak pelajaran yang sangat berharga. Event lomba tersebut memberikanku kesempatan untuk bertemu teman-teman dari seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, mempertemukanku dengan tim yang sangat luar biasa. Tim yang mampu membangkitkan semangat dikala waktu menuju final competition semakin menipis. Dan bersama mereka, telah terbukti bahwa “the power of kepepet” itu ternyata memang ada. Hehehe :D

2nd Winner of Essay Competition in Law Faculty North Sumatera University

 2nd Winner of National Paper Competition

Foto bersama dengan para pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN)
UI-USU-UNHAS

Foto bersama delegasi tim Fakultas Farmasi USU di Universitas Prof. Dr. Hamka di Jakarta

Bersama Tim National Paper Competition di Universitas Andalas

Alhamdulillah, Best Speaker of Essay Competition in Riau University

Bersama para finalist Lomba Debat Kefarmasian Nasional

Untuk kamu mahasiswa/i yang sedang berjuang menjadi mahasiswa luar biasa dengan segudang prestasi, tetap pecayalah bahwa hasil tidak akan pernah menghianati usaha. Tuhan tidak akan pernah alpha melihat perjuangan yang engkau lakukan. Manjadda Wajada!! 

Salam Semangat,
Tri Sumaria 

2 komentar:

  1. Sangat menginspirasi, terima kasih sudah berbagi pengalaman kak tri :)

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi, terima kasih sudah berbagi pengalaman kak tri :)

    BalasHapus